PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, RATING DAN IKLAN TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE PADA BUKALAPAK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta)
Abstract
INTISARI
Bukalapak memiliki pengunjung web perbulan kedua terbanyak dibandingkan
toko online lainnya, meskipun untuk rangking appstore dan playstore berada di posisi ketiga, dan pengunjung melalui twitter, instagram di peringkat ke empat dan melalui facebook diperingkat ke lima. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun web bukalapak yang dapat menyajikan secara langsung online customer review(OCR) dan rating mampu menarik minat belanja online lebih banyak dibandingan promosi lewat media sosial, namun belum tentu bisa dipastikan bahwa konsumen akan berbelanja setelah melihat review dan rating yang diberikan.
Review merupakan bagian dari Electronic Word of Mouth (eWOM), yaitu
merupakan pendapat langsung dari seseorang dan bukan sebuah iklan. Review adalah salah satu dari beberapa faktor yang menentukan keputusan pembelian seseorang (Lee & Shin, 2014). selanjutnya Moe & Schweidel (2012) menghubungkan antara rating terhadap tingkat pengambilan keputusan pelanggan. Mereka menemukan bahwa pengaruh penilaian pelanggan terhadap rating sebelum memutuskan membeli sesuatu tergantung pada seberapa sering rating atau penilaian dilakukan oleh pelanggan ini pada suatu produk. kemudian Kotler & Amstrong (2008)mengatakan bahwa periklanan adalah segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan barang atau jasa. Kotler & Amstrong (2008)mengatakan tujuan periklanan adalah membangun prefrensi merek, mendorong agar beralih ke merek anda, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang dan membujuk pembeli untuk menerima kunjungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh online customer review,
rating dan iklan terhadap minat belanja online pada bukalapak (studi kasus pada
mahasiswa Universitas Bung Hatta). Poupulasi adalahseluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta yang berbelanja online pada Bukalapak, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang mahasiswa Universitas Bung Hatta yang berbelanja online pada Bukalapak. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa online customer review berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat belanja online mahasiswa Universtas Bung Hatta pada Bukalapak. Rating negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat belanja online mahasiswa Universtas Bung Hatta pada Bukalapak serta iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadapminat belanja online mahasiswa Universtas Bung Hatta pada Bukalapak
Kata Kunci : Online Customer Review, Rating, Iklan, Minat Belanja Online