PENGARUH SUASANA TOKO, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA DISTRO MAY17 DI KOTA PADANG

Authors

  • Diffo Montella Elgabid
  • Irda Irda
  • Elfitra Azliyanti

Abstract

INTISARI
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh suasana toko, citra merek dan kualitas produk
terhadap minat beli konsumen pada distro may17 dikota padang. Peningkatan akan adanya
distro di jaman sekarang ini mengakibatkan ketatnya persaingan dalam bisnis ini. Distro
adalah singkatan dari distribution store yang merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual
pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Melihat
kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis distro perlu meningkatkan kekuatan
yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang
dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat beli konsumen.
Menurut Kotler and Keller (2012) minat beli adalah perilaku pelanggan yang muncul sebagai
respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian.
Suasana toko merupakan suasana atau lingkungan toko yang bisa menstimulasikan indra
konsumen dan terhadap toko (Sutisna, 2003). Citra merek menurut Kotler and Keller (2009)
adalah persepsi yang dimiliki oleh konsumen saat pertama kali mendengar slogan yang
diingat dan tertanam di benak konsumen. Menurut (Kotler, 2010) kualitas produk adalah
keseluruhan ciri serta dari suatu produk atau pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan
kebutuhan yang dinyatakan/ tersirat.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota padang yang berminat terhadaap
produk distro may17, dengan menggunakan metode survei kuesioner. Teknik pengambilan
sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 80. Pengujian dalam
penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskrptif, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefesien determinasi (
), uji F-statistik dan uji
T-statistik. Metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Dalam penelitian ini diajukan tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1)
Suasana toko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) Citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (3) Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
Disarankan dalam penelitian ini distro may17 lebih memperhatikan suasana toko, citra
merek dan kuslitas produk karena hal ini merupakan faktor penting dalam meningkatkan
minat beli konsumen
Kata Kunci : Suasana Toko, Citra Merek, Kualitas Produk dan Minat Beli

Published

2019-08-19