ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA STUDIO SIMPLE PHOTOGRAPHY DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Persaingan dunia bisnis saat ini sangatlah ketat, sehingga menuntut
perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang mereka jual
agar dapat mempertahankan atau bahkan merebut pangsa pasar yang ada.
Perusahaan yang ingin terus berkembang dan memenangkan persaingan bisnis
harus memiliki suatu keunggulan tersendiri serta dapat menyediakan produk atau
jasa yang berkualitas. Industri jasa menjadi sektor yang menarik untuk diamati
karena sebagian besar masyarakat menggunakan produk jasa, baik untuk
keperluan bisnis ataupun untuk keperluan lainnya. Memuaskan kebutuhan
konsumen adalah keinginan setiap perusahaan jasa, selain penting bagi
keberlangsungan hidup perusahaan itu sendiri memuaskan kebutuhan pelanggan
juga dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Salah satu usaha yang
bergerak dibidang jasa yaitu Simple Photography di kota Padang adapun layanan
fotografi yang diberikan meliputi pemotretan, editing foto, percetakan foto serta
menjual pigura. Jika dilihat dari dari permintaan layanan dari bulan ke bulan
Simple Photography mengalami fluktuasi yang cenderung meningkat hal ini
mengindikasikan bahwa pelanggan merasa puas akan pelayanan yang diberikan
oleh Simple Photography, tetapi jika dilihat dari survey awal masih terdapat
beberapa pelanggan yang merasa kurang puas atas layanan yang diterima.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh reliability,
responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan pelanggan
pada studio Simple Photography Di Kota Padang. Ukuran Sampel yang digunakan
didalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang pernah menggunakan jasa Simple
Photography dan minimal berusia 17 tahun di Kota Padang.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan
bahwa reliability,responsiveness, dan assurance tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan tetapi, empathy dan tangible berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan pada Simple Photography.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka Simple
Photography lebih memperhatikan aspek-aspek yang ada pada variabel empathy
dan tangible agar pelanggan senantiasa puas menggunakan jasa Simple
Photography.
Kata Kunci :
Reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible, kepuasan pelanggan
Â