ANALISIS PERBANDINGAN EKUITAS MEREK PARFUM ISI ULANG DI KOTA PADANG (Studi Kasus Azzwars dan Bandoeng Refill Perfume)

Authors

  • Adnin Monanda
  • Linda Wati
  • Wiry Utami

Abstract


INTISARI
Parfum isi ulang saat ini sangat di gemari oleh masyarakat di Kota Padang. Hal
ini merupakan peluang yang bagus bagi pelaku usaha dalam bisnis parfum isi ulang,
sehingga munculnya banyak merek-merek parfum isi ulang baru khususnya di Kota
Padang. Oleh karena itu, perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif dalam hal
menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal, dan salah satunya melalui
perang antar merek. Dilihat dari survey awal ditemukan bahwa parfum isi ulang merek
Azzwars dan Bandoeng Refill Perfume lebih banyak digunakan pengguna parfum dari
pada merek lainnya di Kota Padang, hal tersebut menunjukkan kedua merek tersebut
memiliki ekuitas merek yang kuat.
Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan
suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan
oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan. Ekuitas
merek ditentukan oleh empat dimensi atau elemen utama, yaitu pertama kesadaran merek,
asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan ekuitas merek parfum isi
ulang Azzwars dengan Bandoeng Refill perfume di Kota Padang. Populasi adalah seluruh
konsumen parfum isi ulang Azzwars dan Bandoeng Refill Perfume di Kota Padang,
dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang pengguna parfum isi ulang merek Azzwars
dan Bandoeng Refill Perfume di Kota Padang. Teknik penarikan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan uji beda T-test dengan uji
independent sample test untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ekuitas merek parfum isi
ulang Azzwars dengan Bandoeng Refill Perfume di Kota Padang dilihat dari empat
dimensi ekuitas merek secara keseluruhan. Sedangkan jika dilihat secara parsial,
perbedaan terdapat pada dimensi kesadaran merek dan persepsi kualitas.


Kata Kunci: ekuitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas,
loyalitas merek

 

 

Published

2019-08-19