PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
Abstract
INTISARI
Industri Barang Konsumsi (consumer goods) merupakan salah satu bagian dari
perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Industri Barang Konsumsi masih
menjadi pilihan utama para investor dalam menginvestasikan dana mereka. Hal ini di
karenakan saham-saham dari perusahaan-perusahaan dalam Industri Barang
Konsumsi masih menawarkan potensi kenaikan. Nilai perusahaan sebagai nilai pasar
karena nilai pasar perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham
secara maksimum apabila harga saham perusahaan meningkat. Berbagai kebijakan
yang diambil oleh manajemen dalam upaya untuk meningkatkan nilai perusahaan
melalui peningkatan kemakmuran pemilik dan para pemegang saham yang tercermin
pada harga saham.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan Pengaruh
Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel
Intervening (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Metode pengambilan sampel yang
digunakan yaitu metode sensus atau sampling jenuh. Sehingga diperoleh sampel
sebanyak 30 perusahaan.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa
struktur modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, tetapi struktur modal
berpengaruh terhadap nulai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh
terhadap nilai perusahaan. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah
dilakukan maka Investor sebelum berinvestasi sebaiknya investor memperhatikan
terlebih dahulu bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang
diperoleh oleh perusahaan.Perusahaan yang bisa menghasilkan laba yang tinggi
berarti perusahaan mampu mengelola perusahaan dengan baik.
Kata Kunci: Struktur Modal, Nilai perusahaan, Profitabilitas.