ANALISIS BRAND EQUITY SABUN KESEHATAN MEREK DETTOL DI KOTA PADANG

Authors

  • Oktavia Dina Putri
  • Linda Wati
  • Surya Dharma

Abstract


INTISARI

Dettol adalah salah satu sabun kesehatan para dokter. Dettol merupakan
kategori sabun mandi antiseptic peringkat top brand index tahun 2017-2018, sabun
mandi antisieptik merek sabun Lifebuoy lebih bagus penilaian ekuitas mereknya bagi
konsumen dibandingkan sabun Dettol maupun sabun Nuvo, meskipun sabun
Lifebuoy ini berada pada posisi kedua tetapi top brand index mengalami peningkatan.
Selanjutnya berdasarkan survey awal terhadap 60 orang konsumen yang
menggunakan sabun kesehatan di Kota Padang untuk mengetahui merek sabun
kesehatan yang paling diingat pada pertengahan April 2019 diperoleh hanya ada 3
sabun kesehatan yang digunakan yaitu Dettol, Lifebuoy dan Nuvo. Namun dari ketiga
sabun tersebut kenyataannya konsumen lebih banyak hanya mengetahui sabun
lifebuoy sebagai sabun kesehatan dan banyak yang tidak mengetahui dan menyadari
sabun dengan merek Dettol dan Nuvo juga merupakan sabun kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan dimensi-dimensi ekuitas
merek (brand equity) yang dilihat dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi
merek (brand association), persepsi kualitas merek (brand perceived quality) dan
loyalitas merek (brand loyalty) sabun kesehatan merek Dettol di Kota Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk
sabun kesehatan merek Dettol di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti
jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang konsumen. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisa
data yang dipergunakan adalah dengan cara analisis ukuran kecenderungan terpusat.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat
dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut untuk kesadaran merek
sabun mandi kesehatan yang berada dipuncak pikiran konsumen adalah sabun mandi
kesehatan lifebuoy. Namun untuk pengingatan kembali merek (brand recall) adalah
sabun mandi kesehatan Nuvo. sementara untuk sabun kesehatan yang tidak diketahui
konsumen adalah sabun mandi kesehatan nuvo. Untuk asosiasi merek, penilaian
konsumen terhadap asosisi merek sabun kesehatan merek dettol secara keseluruhn
rata-rata mencapai 18,8986 yang masuk pada kriteria tinggi. Untuk persepsi kualitas,
penilaian konsumen terhadap persepsi kualitas sabun kesehatan merek dettol Secara
keseluruhan rata-rata mencapai 14,7174 yang masuk pada kriteria tinggi. Untuk
loyalitas merek , penilaian konsumen terhadap loyalitas merek sabun kesehatan
merek dettol secara keseluruhn rata-rata mencapai 18,3188 yang masuk pada kriteria
tinggi.

Kata Kunci : Brand Equity

 

Published

2019-08-19