PENGARUH LOKASI, CITRA TOKO DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CITRA SWALAYAN CABANG GAJAH MADA PADANG

Authors

  • Aloudhiya Stevany Rose
  • Dahnil Johar
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

INTISARI
Eksistensi Citra Swalayan di beberapa kota, terutama Padang, Sumatera Barat
sudah diakui. Dari tahun ke tahun, Citra Swalayan menyebar dari pusat kota hingga
kompleks perumahan. Perusahaan retail lokal ini mengejar pasar dari kalangan atas
hingga menengah ke bawah.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh lokasi, citra toko dan keberagaman
produk terhadap minat beli konsumen pada Citra Swalayan Cabang Gajah Mada
Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Penelitian ini
menggunakan 3 variabel independen yaitu lokasi, citra toko, keberagaman produk
dan menggunakan satu variabel dependen yaitu minat beli. Pengujian dalam
penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas.

Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli konsumen pada Citra Swalayan Cabang Gajah Mada
Padang, citra toko tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Citra
Swalayan Cabang Gajah Mada Padang, keberagaman produk tidak berpengaruh
terhadap minat beli konsumen pada Citra Swalayan Cabang Gajah Mada Padang.
Hal tersebut mengindikasikan bahwa lokasi menjadi pertimbangan untuk
meningkatkan minat beli konsumen pada Citra Swalayan Cabang Gajah Mada
Padang.


Kata Kunci : Lokasi, Citra Toko, Keberagaman Produk, Minat Beli

 

Published

2019-08-19