PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN PREDECISION STAGE TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR PADA MASYARAKAT DI KOTA PADANG

Authors

  • Rane Pritami Yando
  • Dahliana Kamener
  • Purbo Jadmiko

Abstract


INTISARI
Perkembangan bisnis fashion di Kota Padang mengalami kemajuan yang sangat pesat,
kemajuan ini dapat dilihat dari bertambahnya mall, butik, hingga penjualan melalui online
yang semakin menjamur. Kemajuan yang dialami oleh para pelaku bisnis fashion ini,
disebabkan oleh kemajuan perekonomian di Kota Padang, yang berdampak pada tingginya
minat berbelanja konsumen. Kondisi ekonomi setiap individu masyarakat kota Padang
menjadikan masyarakat bersifat konsumtif, sehingga ketika melihat sesuatu barang yang
dianggapnya menarik akan dibeli walau dengan harga yang lumayan tinggi, dan hal tersebut
sudah banyak diakui oleh masyarakat khususnya di Kota Padang. Dengan demikian
masyarakat Kota Padang cenderung mengalami pembelian yang tidak terduga.
Penilitian ini menguji tentang Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan
Pre-decision Stage terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Mayarakat di Kota Padang.
Penilitan ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden dengan metode penarikan sampel
purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Shopping lifestyle berpengaruh
positif terhadap Impulse buying behaviour pada masyarakat di Kota Padang. Fahion
involvement tidak berpengaruh positif terhadap Impulse buying behaviour pada masyarakat di
Kota Padang. Pre-decision stage berpengaruh positif terhadap Impulse buying behaviour pada
masyarakat di Kota Padang.


Kata kunci : Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Pre-decision Stage, Impulse Buying
Behaviour Pada Masyarakat Di Kota Padang

 

Published

2019-08-19