Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. (Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017).
Abstract
INTISARI
Nilai perusahaan merupakan salah satu hal penting dari perusahaan, karena
prospek suatu perusahaan dapat tercermin dari nilai perusahaan. Nilai perusahaan
yang tinggi akan membuat investor yakin dan tertarik untuk melakukan
investasi.Sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi merupakan salah satu sektor
yang terdaftar di bursa efek indonesia, salah satu sub sektor dari sektor ini adalah
sub sektor transportasi. Pada penelitian ini terdapat fenomena nilai price to book
value dari sub sektor transportasi yang mengalami penurunan dari tahun 20142017.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kepemilikan
manajerial, kepemilikan institusional dan corporate social responsibility terhadap
nilai perusahaan pada sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2014-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
perusahaan pada sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
periode 2014-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 27
perusahaan. Metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial,
kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan
corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Hasil tersebut menyatakan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan
institusional belum mampu mempengaruhi nilai perusahaan, hal ini disebabkan
karena karakteristik perusahaan di Indonesia rata-rata masih memiliki tingkat
kepemilikan manajerial yang rendah sehingga belum mampu mempengaruhi nilai
perusahaan.
Kata kunci: Price to book value (PBV), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, corporate social responsibility (CSR)
Â