PENGARUH KETIDAKPUASAN IKLAN DAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK WARDAH COSMETIC KE KOREAN COSMETIC (Studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Bung Hatta)
Abstract
INTISARI
Kosmetik merupakan sebuah kebutuhan bagi sebagian wanita saat ini. Berdasarkan catatan
CNBN Indonesia, setidaknya hampir selusin merek kosmetik korea yang hadir di Indonesia.
Perkembangan sektor kosmetika dan kecantikan di wilayah Korea Selatan dan Indonesia
memang telah diproyeksikan bakal tumbuh potensial. Euromonitor memproyeksi, hingga 2018,
Korea Selatan akan menjadi negara dengan pertumbuhan rata-rata tahunan atau compound
annual growth rate (CAGR) di kategori other facial make-up terkuat. Pasar facial make-up
Korea Selatan diproyeksi tumbuh 18% per tahun, melampaui Asia Pasifik yang berkisar 13% per
tahun. Sementara Indonesia berada di posisi ke-empat di kawasan Asia Pasifik atau posisi kedua
di antara negara ASEAN lain dengan angka pertumbuhan mendekati 10%.`
Perpindahan merek (brand switching) ialah suatu pembelian yang dikarakteristikan sebagai
peralihan dari satu produk ke produk lainnya. Menurut Sulistyo & Maftukhah(2016)
ketidakpuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana pengharapan konsumen tidak sama
dengan hasil yang didapatkan. Iklan merupakan semua bentuk terbayar dari presentasi non
pribadi dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu. Sulistyo & Maftukhah (2016).
Bashori(2018), mengungkapkan bahwa jika pembeli mengalami permasalahan pada pembelian
terdahulu maka pembelian eksplorasi terjadi. Konsumen berupaya mencari langkah atau
alternatif yang lainnya agar dapat melupakan rasa jenuh, rasa bosan dari satu merek tertentu,
dengan mencari variasi.
Populasi dalam penelitian ini meliputi mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung
Hatta yang menggunakan produk merek wardah cosmetic dan melakukan pepindahan merek ke
korean cosmetic, penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan cara penyebaran
kuisioner. Teknik pengambilan sampel yaitu pusposive sampling dengan jumlah responden
sebanyak 80, pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji t-statistik.
Dalam penelitian di ajukan tiga hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1)
Ketidakpuasan berpengaruh positif terhadap perpindahan merek (2) Iklan berpengaruh positif
terhadap perpindahan merk (3) Mencari Variasi berpengaruh positif terhadap perpindahan
merek.
Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa Ketidakpuasan dan iklan tidak
berpengaruh terhadap Perpindahan Merek Wardah Cosmetic Ke Koeran Cosmetic Pada
Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Mencari Variasi memiliki
berpengaruh terhadap Perpindahan Merek Wardah Cosmetic Ke Korean Cosmetic pada
Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta.
Kata kunci : Ketidakpuasan, Iklan, Mencari Variasi dan Perpindahan Merek.