PENGARUH KUALITAS WEBSITE, KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION WANITA PADA MEDIA SOSIAL ONLINESHOP DI KOTA PADANG

Authors

  • Resma Yulita
  • Irda Irda
  • Dahliana Kamener

Abstract


INTISARI

Mayoritas pengguna internet menggunakan internet untuk mengakses konten komersial
onlineshop, sementara konten media sosialnya berupa facebook. Namun dari banyaknya
transaksi online yang terjadi, ada beberapa keluhan dari konsumen terkait berbelanja online
melalui media sosial seperti keluhan konsumen terkait pelayanan online shop pada media sosial
instagram dan facebook yang dapat dijelaskan bahwa cukup banyak terjadi penipuan pada
konsumen saat berbelanja menggunakan media sosial, sehingga hal tersebut dapat
mempengaruhi penilaian konsumen terhadap barang yang ditampilkan media sosial onlineshop
yang dapat dinilai melalui kualitas website dari media sosial itu sendiri. Selain itu hal tersebut
juga mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap media sosial onlineshop, dan juga
mempertimbangkan kualitas produk juga harga yang ditawarkan oleh media sosial onlineshop
dalam memutuskan berbelanja.
Faktor pendukung yang mendorong konsumen melakukan kegiatan e-commerce adalah
kualitas website. Website suatu perusahaan harus mempresentasikan kehadiran perusahaan
tersebut di mata pelanggan secara virtual sehingga konsumen menjadi percaya dan melakukan
transaksi secara online melalui website perusahaan (J Sarwono & Prihartono, 2012). selain itu
ketika seorang berbelanja online, hal utama yang menjadi pertimbangan seorang pembeli adalah
apakah mereka percaya kepada website yang menyediakan online shopping dan penjual online
pada website tersebut. Kepercayaan pembeli terhadap website online shopping terletak pada
popularitas website online shopping tersebut (Adityo & Khasanah, 2010). Selanjutnya salah satu
tujuan dari pelaksanaan kualitas produk adalah untuk mempengaruhi konsumen dalam
menentukan pilihannya untuk menggunakan produk buatannya sehingga memudahkan
konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Pemahaman perilaku konsumen tentang
kualitas produk dapat dijadikan dasar terhadap proses keputusan pembelian konsumen (Sutisna,
2001).Kemudian harga memiliki dua peranan utama dalam proses pengambilan keputusan para
pembeli yaitu peranan alokasi dari harga merupakan fungsi harga dalam membantu para
pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat atau utilitas tertinggi yang diharapkan
berdasarkan daya belinya serta peranan informasi dari harga merupakan fungsi harga dalam
mendidik konsumen mengenai faktor-faktor produk seperti kualitas (Tjiptono, 2008)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kepercayaan,
kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita pada media
sosial onlineshop di kota padang. Poupulasi adalah semua konsumen yang berbelanja produk
fashion wanita pada media sosial onlineshop di Kota Padang tahun 2019 yang tidak diketahui
dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang konsumen yang berbelanja
produk fashion wanita Pada Media Sosial Onlineshop di Kota Padang. Teknik yang digunakan
dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling.Jenis data yang digunakan adalah data
primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis
regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan
pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas Website tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk fashion wanita, sedangkan kepercayaan, kualitas produk dan harga
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita.

Kata Kunci : Kualitas Website, Kepercayaan, Kualitas Produk, Harga, Keputusan
Pembelian

Published

2019-08-19