ANALISIS DAMPAK KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTAURANT & CAFE UJE BP PADANG

Authors

  • Widia Wahyu Syafitri
  • Yulihar Mukhtar
  • Linda Wati

Abstract

INTISARI
Restaurant & cafe bagindo UJE BP menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman
yang enak dan harga yang terjangkau.Restauran & cafe bagindo UJE BP juga menyediakan fasilitas
ruang rapat dan live musik. Namun beberapa bulan terakhir periode Januari – Juni 2018 restauran
dan cafe ini mengalami penurunan penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen
cenderung mengalami penurunan terhadap Restauran & cafe bagindo UJE BP.
Kepuasan tergantung pada kualitas produk dan jasa. Kualitas merupakan totalitas fitur dan
karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan
yang dinyatakan atau tersirat. (Kotler dan Keller, 2009:143). Selanjutnya Tjiptono dan Chandra
(2011:172) mengatakan Kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kemudian
Pada jasa restoran dan cafe pada kelompok ini, lokasi menjadi aspek yang sangat penting karena
konsumen harus mendapatkan kemudahan akses dan melihat langsung kondisi
perusahaan(Lupiyoadi dan Hamdani, 2013:157). Selain itu yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan adalah store atmosphere. Suasana toko adalah rancangan dan suatu desain lingkungan
melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik dan penciuman untuk merangsang persepsi
dan emosi dan konsumen dan akhirnya untuk mempengaruhi perilaku pembelanjaan mereka(Levy
dan Weitz, 2011:434).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas produk, kualitas pelayanan,
lokasi, dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Restaurant & Cafe
Uje BP Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli dan
mengkonsumsi makanan atau minuman Pada Restaurant & Cafe Uje BP Padang yang tidak
diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer
melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh
variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.
Dari hasil penelitian ditemukan kualitas produk berdampak positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen sehingga keputusannya hipotesis diterima. Kualitas pelayanan berdampak
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sehingga keputusannya hipotesis diterima.
Lokasi berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sehingga keputusannya
hipotesis diterima. Store atmosphere positif dan tidak berdampak signifikan terhadap kepuasan
konsumen sehingga keputusannya adalah hipotesis ditolak.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere, Kepuasan
Konsumen

 

Published

2019-08-19