PENGARUH CITRA MEREK, SIKAP MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA KONSUMEN MINUMAN COCA- COLA DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Coca-cola sangat mendominasi TOP Brand Index dari tahun 2014-2018 berarti ini menandakan
semakin meningkatnya citra merek, sikap merek dan kesadaran merek yang mengarah kepada
terjadinya ekuitas merek pada konsumen minuman Coca-cola. Di kota padang coca-cola masih
berada dibawah minuman merek fanta yang tingkat penjualannya lebih tinggi dari coca-cola
pada bulan januari-februari 2019. Dari sekian banyak merek minuman bersoda di pasaran,
Coca-cola terbukti mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat. Hal ini juga menunjukkan
bahwa minuman bersoda merek Coca-cola memiliki ekuitas merek yang cukup kuat
dibandingkan dengan minuman bersoda lainnya.
Menurut Aaker dalam
(chan, 2010)ekuitas merek merupakan sebuah kesatuan Asset maupun
liabilitas yang berkaitan dengan suatu merek, nama, juga symbol yang dapat menanbah atau
mengurangi nilai yang diberikan suatu produk maupun jasa baik pada perusahaan ataupun para
konsumen.
Objek peneitian ini adalah merek produk minuman Coca-cola di Kota Padang. Dalam penelitian
ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang pernah minum minuman coca-cola di Kota
Padang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah meminum Cocacola
lebih dari 3 kali. Sampel dalam penelitian ini adalah orang yang pernah meminum Coca-cola
di Kota Padang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 responden. Penelitian
ini menggunakan metode analisis linear berganda
Kesimpulan: analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis dari penelitian ini, yaitu :Hasil
pengujian hipotesis pertama ditemukan bahwa variabel Citra Merek tidak Berpengaruh terhadap
Ekuitas Merek. Hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan bahwa variabel Sikap Merek tidak
Berpengaruh terhadap Ekuitas Merek. Hasil pengujian hipotesis ketiga ditemukan bahwa
variabel Kesadaran Merek Berpengaruh terhadap Ekuitas Merek pada konsumen Coca-cola di
Kota Padang. Saran saya sebagai peneliti menyarankan kepada perusahaan Coca-cola untuk
meningkatkan kualitas produk dan membuat inovasi terbaru.
Kata Kunci: ekuitas merek, citra merek, sikap merek dan kesadaran merek