GAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Sumarwan (2011:4) menjelaskan bahwa perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang
diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Sproles dan Kendall (1986) mengembangkan metodologi yang mengakui jenis perilaku belanja
dan pengambilan keputusan pembelian konsumen secara universal. Mereka mendefinisikan gaya
pengambilan keputusan konsumen sebagai “Orientasi jiwa yang mencirikan pendekatan konsumen
untuk membuat pilihan†(Sproles dan Kendall, 1986).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa gaya pengambilan keputusan
pembelian produk kosmetik wardah di kota Padang serta untuk mengetahui apakah akan terdapat
perbedaan gaya pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk kosmetik
wardah di kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel 138
orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis data
yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang
digunakan adalah uji chi square test.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari
gaya pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota Padang. Berdasarkan
jenis produk yang dipergunakan untuk produk bedak, pembersih wajah dan produk wardah lainnya
konsumen lebih cenderung menggunakan gaya pengambilan keputusan berdasarkan perfeksionis.
Sementara untuk produk lipstik konsumen lebih cenderung menggunakan gaya pengambilan
keputusan berdasarkan kebiasaan konsumen.
Kata Kunci : Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian