PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SMARTPHONE OPPO (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITS BUNG HATTA PADANG )

Authors

  • Abdul Hamid
  • Zeshasina Rosha
  • Lindawati Lindawati

Abstract

INTISARI
Perkembangan teknologi di era globalisasi semakin berkembang pesat, ini
dibuktikan dengan munculnya alat komunikasi yang semakin canggih. Beberapa
tahun terakhir ini smartphone atau sering disebut telepon pintar kini menjadi trend
alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat khususnya pada kalangan
remaja. Dengan adanya smartphone memudahkan manusia dalam berkomunikasi
dan mencari informasi.
Menurut Kotler dan Susanto
(2000), minat beli adalah rangsangan internal yang
kuat yang memotivasi tindakan, di mana dorongan ini dipengaruhi oleh stimulus
dan perasaan positif akan produk. Sedangkan Citra merek menurut Rangkuti
(2009)sebagai sekumpulan asosiasi yang terbentuk dan melekat dibenak
konsumen. Sedangtkan menurut Kotler
(2010)menjelaskan bahwa promosi
bertujuan untuk menarik konsumen agar mau mencoba produk baru. Dan Menurut
Kotler dan Armstrong kualitas produk adalah kemampuan sebuah produk dalam
memperagakan fungsinya.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bung Hatta, dengan
mengunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive
sampling dengan jumlah responden sebanyak 138. Pengujian dalam penelitian ini
yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji koefisien
determinan (R
2
), dan uji t-statistik dengan bantuan program SPSS versi 17.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap minat beli konsumen Smartphone Oppo pada mahasiswa
Universitas Bung Hatta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Smartphone
Oppo pada mahasiswa Universitas Bung Hatta. Sedangkan kualitas produk tidak
berpengaruh terhadap minat beli konsumen Smartphone Oppo pada mahasiswa
Universitas Bung Hatta.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa citra merek dan promosi menjadi pertimbangan
konsumen untuk meningkatkan minat beli konsumen Smartphone Oppo pada
mahasiswa Universitas Bung Hatta. Sedangkan kualitas produk tidak menjadi
faktor utama bagi konsumen terhadap minat beli Smartphone Oppo pada
mahasiswa Universitas Bung Hatta.


Kata Kunci : Minat Beli, Citra Merek, Promosi Dan kualitas produk.

Published

2019-08-19