PENGARUH WORD OF MOUTH, GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK ELZATTA DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi ini semakin hari semakin berkembang. Salah
satu kelompok perusahaan yang saat ini sedang berkembang adalah perusahaan konveksi,
khususnya produk busana muslim.Untuk kategori produk busana muslim menurut survey
TOP brand Elzatta pada tahun 2017 menduduki peringkat ketiga,sedangkan pada tahun 2018
tidak masuk dalam kategori TOP Brand Awards produk busana muslim artinya kurang nya
minat pembelian masyarakat terhadap produk Elzatta,serta pernyataan responden pada survey
awal tentang minat beli yaitu masih adanya yang membuat konsumen tidak selalu mencari
informasi mengenai produk Elzatta di kota Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh word of mouth, gaya
hidup dan persepsi kualitas terhadap minat beli konsumen produk Elzatta di kota Padang.
Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang yang berminat
membeli produk Elzatta. Pengujian dalam penelitian ini yaitu dalam penelitian ini yaitu uji
validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji koefisien determinan (R
2
), dan
uji t-statistik.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa word of mouth
dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen,
sedangkan gaya hidup tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Elzatta di
kota Padang.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka manajemen elzatta
padang harus lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi pada bagian word of mouth dan
persepsi kualitas seperti pelayanan yang memuaskan dan kualitas produk yang selalu terjaga
sehingga konsumen akan mempunyai pengalaman yang positif yang bisa mempengaruhi
calon konsumen lainnya untuk berminat membeli produk Elzatta di kota Padang.
Kata Kunci :Word of Mouth, Gaya hidup, Persepsi kualitas dan Minat Beli
Â