PENGARUH LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS KAPA PINANG CAFE DI KOTA PAINAN)

Authors

  • Thoumy Il-Hadi
  • Linda Wati
  • Merry Trianita

Abstract

INTISARI

Kota Painan saat ini dikenal dengan Pariwisatanya yang maju yang dapat
meningkatkan wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang
berkunjung ke Kota Painan, sehingga dengan banyaknya yang berkunjung ke Painan
menjadikan suatu peluang usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat
sekitar. Oleh karena itu ada salah satu Cafe di Kota Painan yang menjadi tempat
berkumpul yang dapat menjadi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota
Painan yaitu Kapa Pinang Cafe.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh lokasi dan fasilitas terhadap
kepuasan pelanggan Kapa Pinang Cafe di Kota Painan. Penelitian ini menggunakan
sampel sebanyak 95 responden. Pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji
reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji koefisien determinan (R
2
), dan uji t-
statistik dengan bantuan program SPSS versi 17.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kapa Pinang Cafe di Kota Painan. Sedangkan
fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan Kapa Pinang Cafe di Kota
Painan.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa lokasi menjadi pertimbangan pelanggan
untuk meningkatkan kepuasan di Kapa Pinang Cafe. Sedangkan fasilitas tidak
menjadi faktor yang paling penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Kapa
Pinang Cafe di Kota Painan.


Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Lokasi Dan Fasilitas.

Published

2019-08-19