PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR ADVERTISING, PRINTING DAN MEDIA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2017

Authors

  • Heru Kurniawan
  • Nailal Husna
  • Rika Desiyanti

Abstract


INTISARI

Kondisi persaingan di industri advertising, printing dan media saat ini semakin ketat. Dalam
hal ini perusahaan advertising, printing dan media harus mencari inovasi dan terobosan baru
agar dapat bertahan. perusahaan harus selalu mengembangkan inovasi dan terobosan baru
demi memperoleh posisi terdepan di hati konsumen, dengan adanya karyawan yang
berintelektual tinggi akan mendorong kinerja perusahaan menjadi lebih baik, hal ini dapat
menarik perhatian investor sehingga nilai perusahaan juga akan bertambah. Nilai perusahaan
merupakan harga yang sedia dibayar oleh investor seandainya perusahaan dijual. Penelitian
ini nilai perusahaan menurun setiap tahun. Hal ini akan berdampak prospek perusahaan
kedepannya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh likuiditas, leverage,
profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor
advertising, printing dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017.
Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor advertising, printing dan media
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Sampel pada penelitian ini adalah
seluruh populasi perusahaan sub sektor advertising, printing dan media yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 14 perusahaan. Metode yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah full sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program eviews 9.
Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pertumbuhan laba perusahaan
menunjukan prospek perusahaan yang semakin baik, karena memiliki potensi peningkatan
keuntungan yang diperoleh perusahaan sehingga ini akan menjadi keputusan yang penting
untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut.

kata kunci : likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, pbv

 

Published

2019-08-19