PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK VANELA SYARI DI KOTA PADANG
Abstract
Dalam era Globalisasi sekarang ini, sebuah perusahaan harus mampu untuk mengikuti
perubahan yang terjadi baik di dalam maupun di luar perusahaan.Busana muslim, kini
menjadi bisnis mode yang dilirik karena pasarnya yang cukup luas, terutama di
Indonesia.Semakin berkembangnya mode busana muslim menjadikan bidang ini juga punya
cukup banyak pesaing.Bukan hanya itu saja, busana muslim semakin dilirik anak muda
sebagai pilihan gaya busana harian. Sehingga situasi ini membuka peluang usaha untuk
membuat busana muslim, dimana Vanela syari yang bermula dari merancang busana muslim
sendiri untuk di pakai dalam kesehariannya beralih mempruduksi sendiri busana muslim di
karenakan situasi ini yang membuka kesempatan usaha untuk meningkatkan keuntungan.
Penilitian ini menguji tentang Pengaruh Harga, Promosi, dan Gaya hidup terhadap Keputusan
Konsumen membeli produk vanela syari di Kota Padang. Menurut Tjiptono (2008) istilah
harga dapat diartikan sebagai jumlah uang (satuan moneter) dan aspek lain (non-moneter)
yang mengandung utility kegunaan tertentu yang diperlukan untuk mendapatkan suatu
produk. Selanjutnya menurut Tjiptono, et al (2010) promosi merupakan sebuah kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan sebuah merek produk yang mereka
hasilkan dan akan mereka pasarkan. Begitu juga dengan Menurut Kotler (2001:177) gaya
hidup adalah pola seseorang di dunia yang di ekspresikan alam aktifitas, minat, dan opininya
sehingga menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang berinteraksi dengan
lingkungannya. Menurut Schiffman dan Kanuk (2007:485) pengambilan keputusan adalah
suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang
ada.
Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berbelanja produk vanela
syari di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Non probability
sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Harga dan Promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk vanela syari di Kota
Padang. Gaya hidup berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen
membeli produk vanela syari di Kota Padang.
Beberapa hal yang dapat disarankan yaitu bagi pengelola usaha, sebaiknya memperhatikan
lagi pada harga, karena harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi
pemasaran suatu produk,dimana harga harus bisa bersaing dengan pemilik usaha-usaha
lainnya walaupun kualitas produk sudah terbilang baik. Kemudian, bagi para peneliti yang
tertarik untuk meneliti ulang tentang penelitian ini, sebaiknya memperhatikan lagi variabelariabel
yang digunakan dan menambah variabel-ariabel baru yang belum dijadikan variabel
penelitian, serta menambah jumlah sampel untuk penelitian ini agar penelitian yang dilakukan
oleh para peneliti lebih akurat.
Kata kunci : Harga, Promosi, Gaya Hidup, Keputusan Konsumen