ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN STRATEGI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA NUSANTARA PENGANTIN WEDDING DI KOTA BATUSANGKAR
Abstract
INTISARI
Perkembangan bisnis jasa wedding di kota Batusangkar kini semakin pesat. Hal ini
dapat dilihat dengan semakin banyaknya wedding baik yang berkelas biasa
maupun mewah. Banyaknya jumlah wedding tersebut mengakibatkan tingkat
persaingan antar jasa wedding semakin tinggi. Nusantara Pengantin Wedding
adalah salah satu penyedia jasa wedding yang berlokasi di Jl. Raya Batusangkar
No.151, Tabek Patah, Salimpauang, Kota Batusangkar. Nusantara Pengantin
Wedding menawarkan pelaminan, tenda, tata rias, dekorasi kamar, pakaian adat
dan pesta, dan perlengkapan pesta lain.
Kepuasan konsumen juga di pengaruhi oleh kualitas produk, kualitas pelayanan
dan harga. Kualitas produk adalah keunggulan suatu produk atau jasa layanan
berkaitan dengan apa yang di harapkan oleh pelanggan. Kotler (2006)
mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan adalah suatu cara kerja perusahaan
yang berusaha mengadakan perbaikan mutu secara terus menerus terhadap proses,
produk dan servis yang dihasilkan perusahaan. Lainnya Lupiyoadi dalam (Ofela &
Agustin, 2016), strategi penentuan harga (pricing) sangat signifikan dalam
pemberian nilai (value) kepada konsumen dan mempengaruhi citra (image)
produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Jadi Kepuasan konsumen juga
di pengaruhi oleh variabel strategi harga.
Penelitian ini menguji tentang Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas
pelayanan dan strategi harga terhadap kepuasan konsumen pada Nusantara
Pengantin di Kota Batusangkar. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis Regresi Linear Berganda dan Uji-t sebagai hipotesis, dimana teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan
kriteria yang ditentukan didapatkan sampel sebanyak 138 responden berdasarkan
rumus chochran.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif signifikan
antara kualitas produk dan strategi harga terhadap kepuasan konsumen, sedangkan
kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Disarankan kepada pihak manajemen perusahaan untuk
mempertimbangkan bahwa penetapan harga yang terjangkau, dan kualitas produk
yang semakin baik dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Strategi Harga, Kepuasan
Konsumen Nusantara Pengantin