ANALISIS PERBEDAAN KOMPLEKSITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MITSHUBISHI EXPANDER BERDASARKAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS PADA KONSUMEN DI KOTA PADANG

Authors

  • Nabila Ratu Anelsa
  • Surya Dharma
  • Linda Wati

Abstract


Dalam beberapa tahun perkembangan industri automotive di Indonesia terus
mengalami peningkatan.Pesat perkembangan industri automotive di iringi dengan semakin
banyaknya merek kendaraan yang masuk kepasar automotive Indonesia.
Salah satu distributor automotive yang melaksanakan kegiatan operasional di Kota
Padang adalah PT Andalas Berlian Motor.Perusahaan tersebut bertugas mendistribusikan
berbagai jenis dan tipe kendaraan merek Mitshubishi. Rowe dan Mason (1992) dalam Kotler
dan Keller (2012:241) mengungkapkan bahwa kompleksitas pengambilan keputusan
berkaitan dengan proses pengambilan keputusan yang panjang yang meliputi adanya
identifikasi kebutuhan, proses pencarian informasi, pemilihan alternatif, tindakan pembelian
dan perilaku pasca pembelian.

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompleksitas atau siklus
terbentuknya keputusan pembelian pada mobil Mitshubishi Expander pada konsumen di Kota
Padang berdasarkan karakteristik demografis yang diukur dengan gender, pekerjaan dan
pendapatan.

Alat analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent
Sample T-test dan Kruskal Walish yang diolah menggunakan SPSS. Hasil yang diperoleh
yaitu terdapat perbedaan kompleksitas keputusan pembelian berdasarkan gender dan tidak
terdapat perbedaan kompleksitas keputusan pembelian berdasarkan pendapatan dan
pekerjaan.

Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyarankan untuk mencari
informasi atau referensi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian Mitsubishi Expander

Kata kunci : kompleksitas pengambilan keputusan pembelian, Karakteristik demografis :
Gender, pendapatan, dan pekerjaan.

Published

2019-08-19