PENGARUH HARGA, WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE FASHION PADA SITUS ZALORA DI KOTA PADANG
Abstract
Perkembangan era globalisasi informasi saat ini banyak ditandai dengan berbagai perubahan,
salah satunya perubahan dalam bidang teknologi informasi yaitu munculnya internet. Hal ini
dapat dilihat dari aktifitas manusia saat ini dialihkan ke internet karena internet sangat
membantu dan mendukung dalam segala hal kegiatan. Menurut data Asosiasi penyelenggara
Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017 pengguna internet di Indonesia sebesar 54,7% atau
143,26 juta orang dari populasi penduduk Indonesia. Perusahaan atau situs yang menawarkan
untuk bertransaksi atau menfasilitasi penjualan produk dan jasa secara online adalah ecommerce.
Salah satunya situs online yang berada dibidang fashion adalah Zalora. Zalora
menyediakan produk-produk yang mengikuti trend terbaru, baik lokal maupun internasional
serta memberikan banyak pilihan untuk melengkapi penampilan baik pria maupun wanita. Hal
ini menjadikan Zalora sebagai tempat mencari pakaian terkini bagi konsumen yang gemar
akan fashion.
Penilitian ini menguji tentang Pengaruh Harga, Word of mouth dan Kepercayaan terhadap
Keputusan berbelanja online fashion pada situs Zalora di Kota Padang. Menurut Tjiptono
(2008) istilah harga dapat diartikan sebagai jumlah uang (satuan moneter) dan aspek lain
(non-moneter) yang mengandung utility kegunaan tertentu yang diperlukan untuk
mendapatkan suatu produk. Selanjutnya adalah faktor Word of Mouth (WOM) atau
komunikasi dari mulut ke mulut, word of mouth merupakan komunikasi yang menghasilkan
percakapan yang baik (Putra, 2015: 759). Begitu juga dengan kepercayaan Kotler dan
Amstrong (2008: 176) menyatakan bahwa kepercayaan yang diformulasikan seseorang
terhadap produk dan jasa tertentu, akan membentuk citra pada produk dan merek yang
memperngaruhi prilaku pembelian, sehingga pihak pemasar tertarik dengan kepercayaan atau
keyakinan konsumen. Menurut Schiffman dan Kanuk (2007:485) pengambilan keputusan
adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif
pilihan yang ada.
Populai pada penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berbelanja online pada situs
Zalora di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling
dengan jumlah responden sebanyak 138 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan berbelanja online fashion pada situs Zalora di Kota Padang.
Begitu juga dengan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
berbelanja online fashion pada situs Zalora di Kota Padang. Selanjutnya kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja online fashion pada situs
Zalora di Kota Padang.
Kesimpulan dalam penelitian ini untuk situs Zalora agar menjaga ketetapan harga sesuai
dengan kualitas produk yang ditawarkan pada situs Zalora, selanjutnya masukan-masukan
yang diberikan konsumen yang telah berbelanja pada situs Zalora cepat ditanggapi dan
langsung diperbaiki dengan baik.
Kata kunci : Harga, Word of mouth, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Â