PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE XIAOMI DI SARANA CELL KOTA SOLOK

Authors

  • Aznil Gamakindo
  • Dahnil Johar
  • Wiry Utami

Abstract


INTISARI
Persaingan dunia bisnis di bidang komunikasi saat ini sangat ketat,
perusahaan di tuntut untuk terus meningkatkan kualitas produk dan merek yang
bagus agar dapat merebut pangsa pasar yang ada. Perusahaan yang ingin terus
berkembang dan memenangkan persaingan bisnis harus memiliki suatu
keunggulan tersendiri serta dapat menyediakan produk yang berkualitas.
Smartphone menjadi sektor yang menarik untuk diamati karena sebagian besar
masyarakat menggunakan Smartphone sebagai media eletronik, keperluan bisnis
ataupun untuk keperluan lainnya. Minat beli konsumen adalah keinginan setiap
perusahaan industri, selain penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan juga
dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Salah satu smartphone yang
perkembangan nya sangat pesat saat ini yaitu Smartphone Xiaomi. Adapun merek
smartphone lain nya yang memproduksi model yang sama. Jika dilihat dari dari
permintaan konsumen dari bulan ke bulan Smartphone Xiaomi di Sarana Cell
mengalami fluktuasi yang cenderung meningkat hal ini mengindikasikan bahwa
konsumen merasa berminat akan produk Xiaomi tersebut, tetapi jika dilihat dari
survey awal masih terdapat beberapa konsumen yang merasa kurang puas atas
produk yang diterima.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh citra merek, kepercayaan
dan kualitas produk terhadap minat beli smartphone Xiaomi di Sarana Cell Kota
Solok. Ukuran Sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 80 orang
yang pernah membeli smartphone xiaomi di Sarana Cell Kota Solok. Berdasarkan
hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa citra merek,
kepercayaan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli smartphone Xiaomi di Sarana Cell.

Kata Kunci :
Citra Merek, Kepercayaan, Kualitas Produk dan Minat Beli

 

Published

2019-08-20