PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG LION AIR (STUDI KASUS: KEBERANGKATAN BANDARA BIM)

Authors

  • Aknil Maiyusta
  • Ice Kamela
  • Linda Wati

Abstract

Penelitian  ini  meneliti  tentang  pengaruh  harga,  kualitas  pelayanan,  dan kepercayaan  terhadap  kepuasan  penumpang  Lion  Air  (Studi  Kasus: Keberangkatan  bandara  BIM).  Kepuasan  penumpang  dipengaruhi  oleh  harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan yang mana dari  variabel bebas itu semuanya berpengaruh terhadap variabel kepuasan penumpang.Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsika  dimensi-dimensi  kepuasan konsumen yang dilihat dari harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan penumpang pada keberangkatan bandara BIM Populasi dari penelitian ini adalah orang yang menggunakan jasa maskapai Lion Air  pada  keberangkatan  bandara  BIM  dengan  Jumlah  responden  100  orang
dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode non probability sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda.
Dalam  penelitian  ini  mengajukan  lima  hipotesis.  Hasil  yang  diperoleh  bahwa harga  berpengaruh  positif  terhadap  kepuasan  penumpang,  kualitas  pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan  penumpang,  dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpangKesimpulan  pada  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  harga  berpengaruh  positif terhadap  kepuasan  penumpang,  kualitas  pelayanan  berpengaruh  positif  terhadap
kepuasan  penumpang,  dan  kepercayaan  berpengaruh  positif  terhadap  kepuasan penumpang
Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, kepuasan konsumen

Published

2019-08-20