Analisis Ketimpangan Pembangunan Antar Kabupaten dan Kota Di Sumatera Barat

Authors

  • Nila Agusturina
  • Irwan muslim
  • firdaus Sy

Abstract

Ketimpangan pembangunan menjadi salah satu isu nasional yang terus terjadi pada sejumlah provinsi di Indonesia, salah satunya terjadi di Provinsi Sumatera Barat. Ketimpangan pembangunan didorong karena adanya sejumlah variable yang mempengaruhinya diantaranya pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran dan pengeluaran pemerintah. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran dan pengeluaran pemerintah terhadap ketimpangan pendapatan pada 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.
Pada penelitian ini digunakan data dari tahun 2011 sampai dengan 2017 yang lalu. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis peneliti membagi variable penelitian menjadi dua variable utama yaitu variable independen yang terdiri dari pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran dan pengeluaran pemerintah dan variable dependen yaitu ketimpangan pembangunan. Metode analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah model regresi panel dan pengujian t-statistik.
Sesuai dengan hasil pengujian ditemukan bahwa variable pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap disiparitas ekonomi masyarakat di 19 kabupaten dan kota sedangkan indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran dan pengeluaran pemerintah secara individual berpengaruh signifikan terhadap disparitas ekonomi masyarakat 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.Sesuai dengan hasil yang diperoleh diharapkan bahwa pemerintah daerah Sumatera Barat diharapkan terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat seperti dengan mensosialisasikan konsep berwirausaha dengan mengembangkan unit usaha berkskala kecil menengah, strategi tersebut dapat terlaksana dengan menciptakan kerja sama antara pihak pemerintah swasta khususnya dalam pendanaan program. Melalui pengembangkan konsep berwirausaha (interpreneurship) diharapkan dapat mendorong semakin kecilnya ketidakmerataan pembangunan lewat terus meningkatnya kualitas hidup masyarakat di Sumatera Barat.
Kata Kunci: Ketimpangan Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Dan Pengeluaran Pemerintah

Published

2020-02-21