PENGARUH HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA PUNCAK LAWANG)
Abstract
Pariwisata merupakan perangkat penting dalam pembangunan, karena pariwisata dapat memberikan wadah untuk usaha serta pendapatan masyarakat sekitar. Pemerintah daerah dan negara dapat turut memperkenalkan seni budaya yang beraneka ragam dan alam Indonesia yang indah, agar dapat dijadikan suatu modal untuk menarik minat orang-orang untuk berkunjung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Puncak Lawang.Teori dalam penelitian ini adalah tentang kepuasan pengunjung,harga, lokasi dan fasilitas. Kepuasan (satisfaction) merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk terhadap ekspektasi mereka (Kotler & Keller, 2009). Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar dapat memperoleh hak kepemlikan dan penggunaan suatu barang atau jasa(Tjiptono & Chndra, 2012). Lokasi merupakan tempat perusahaan beroperasi atau tempat perusahaan melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang mementingkan segi ekonomi (Kotler & Keller,2009). Fasilitas merupakan komponen individual dari penawaran yang mudah ditumbuhkan atau dikurangi tanpa mengubah kualitas dan model jasa (Lupiyoadi & Hamdani, 2009).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung di kawasan Objek Wisata Puncak Lawang . Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 139 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-statistik dengan metode Structural Model Assessment (SMA) untuk membuktikan pengaruh variabel laten terhadap variabel laten lainnya.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa harga dan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Puncak Lawang. Sedangkan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Puncak Lawang.
Disarankan dalam penelitian ini kepada pihak pengelola Objek Wisata Puncak Lawang agar dapat mempertahankan keterjangkauan harga sehingga pengunjung merasa puas dengan harga yang ditawarkan. Selanjutnya memperhatikan lokasi seperti ketersediaan area parkir dan lingkungan yang bersih dan nyaman. Terakhir untuk selalu memberikan fasilitas terbaru dan terbaik yang dimiliki agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung.
Kata Kunci :Harga, Lokasi, Fasilitas dan Kepuasan
Downloads
Published
2020-02-22