PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RESTORAN KUALI NYONYA

Authors

  • Dea Rivani
  • Yulihar Mukthar
  • Wiry Utami

Abstract

Salah satu bidang usaha yang sekarang ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah dibidang makanan salah satunya yaitu restoran. Restoran saat ini sudah menjadi incaran banyak konsumen untuk dijadikan ajang berkumpul dengan keluarga, saudara dan teman. Hal ini menjadi peluang besar bagi para pengusaha yang bergerak dibidang makanan untuk terus mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Restoran Kuali Nyonya.
Teori dalam penelitian ini adalah tentang kepuasan konsumen, kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka (Kotler dan Keler 2009). Kualitas produk adalah karakteristik sebuah produk atau jasa yang memberikan kemampuan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan (Kotler dan Amstrong, 2010). Kualitas Pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi harapan pelanggan (Tjiptono dkk, 2004). Harga adalah satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa (Tjiptono, 2008). Lokasi atau tempat merupakan kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran (Kotler & Armstrong, 2008).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung di Restoran Kuali Nyonya. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 Responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa ualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Restoran Kuali Nyonya, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Kuali Nyonya, harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Restoran Kuali Nyonya dan lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Restoran Kuali Nyonya
Disarankan kepada pihak Restoran Kuali Nyonya meningkatkan lagi pelayanan mereka agar pelanggan merasakan kepuasaan. Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyamapaian, serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para pelanggan
Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, lokasi dan kepuasan konsumen.

Published

2020-02-22