PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MEREK ( STUDI KASUS SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA PARIAMAN)

Authors

  • Jeki Sabrilah
  • Reni Yuliviona,
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Saat ini persaingan sepeda motor di Indonesia sangat kompetitif. Setiap
perusahaan selalu berinovasi dalam mengeluarkan produk barunya baik merek
lama maupun merek baru agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Permasalahan
yang terjadi di Kota Pariaman adalah konsumen sepeda motor merek Yamaha
kurang loyal.
Teori dalam penelitian ini adalah tentang loyalitas merek menurut Tjiptono
(2005), komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok
berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang
konsisten. Menurut Kotler dan Amstrong (2008) kualitas produk adalah
kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan,
keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan serta atribut bernilai
lainnya. Menurut Kotler & Keller (2016) citra merek adalah nama, istilah, tanda,
symbol, atau desaign atau kombinasi dari semuanya itu yang dimaksudkan untuk
mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual untuk
membedakannya dari produk atau barang pesaing Kepuasan (satisfaction)
merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena
membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (hasil) terhadap ekspektasi
mereka (Kotler dan Keller, 2009).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang memiliki sepeda
motor Yamaha di Kota Pariaman. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 136
orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif
terhadap loyalitas merek sepeda motor merek Yamaha di Kota Pariaman. citra
merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek sepeda motor merek Yamaha
di Kota Pariaman. Kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek sepeda
motor merek Yamaha di Kota Pariaman.
Konstribusi yang dapat diberikan kepada perusahaan PT. Yamaha Indonesia
Manufaktur (YIMM) adalah meningkatkan kualitas produk mereka seperti daya
tahan mesin, keandalan di semua medan agar dapat meningkatkan loyalitas
konsumen. Dengan semakin baiknya kualitas produk dapat meningkatkan
penjualan karena konsumen yang loyal akan melakukan pembelian ulang.
.
Kata Kunci : kualitas produk, citra merek, kepuasan dan loyalitas merek.

Published

2020-02-22