PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN BRAND LOVE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI KOTA PADANG

Authors

  • Nanang Gusdianto
  • Dahliana Kamener
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh citra merek, kualitas produk dan brand love terhadap minat beli smartphone merek Samsung di Kota Padang. Persaingan yang ketat untuk meraih pangsa pasar yang lebih tinggi pada saat ini mendorong Samsung sebagai merek smartphone dengan pangsa pasar tertinggi mulai khawatir karena keberadaan sejumlah merek pesaing yang memiliki kehandalan yang tinggi, sehingga sangat penting bagi Samsung untuk terus mendorong meningkatnya minat beli konsumen.
Sumarwan et al (2012) mendefinisikan minat beli sebagai keinginan dari konsumen untuk mewujudkan hasrat atau keinginannya terhadap sebuah produk dengan melalui berbagai aktifitas tertentu. Kusno (2007) mengatakan Brand Image adalah persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas dan keunggulan suatu produk atau jasa disesuaikan dengan maksud/keinginan dari konsumen sebelum menggunakan produk atau jasa. Loveloc dan Weizh (2014) mendefinisikan kualitas produk sebagai pandangan atau penilaian yang diberikan konsumen pada sebuah merek produk tertentu, sedangkan teori brand love di ambil dari pendapat Caroll dan Ahuvia (2015) brand love merupakan gairah emosional atas kepuasan yang dirasakan konsumen terhadap merek tertentu.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh seluruh konsumen yang menggunakan Smartphone Samsung di Kota Padang sedangkan sampel adalah 96 orang konsumen yang telah menggunakan Smartphone Samsung yang berdomisili di Kota Padang. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian selain itu metode analisis yang digunakan dalam membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama (H1) ditemukan Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Smartphone merek Samsung di Kota Padang. Hipotesis kedua (H2) ditemukan Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Smartphone merek Samsung di Kota Padang ,dan hipotesis ketiga ditemukan (H3) Brand love tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Smartphone merek Samsung di Kota Padang.
Kata Kunci:Minat Beli, Citra Merek, Kualitas Produk &Brand Love

Published

2020-02-22