PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP WORD OF MOUTH MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (StudiKasusAzzwars Perfume CabangSiteba Di Kota Padang)
Abstract
Parfum adalah produk yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari.Apalagi aroma parfum yang ditawarkan sudah semakin beragam, baik yang dikhususkan untuk pria, wanita, ataupun untuk keduanya. Kata parfum sendiri berasal dari bahasa latin “per fumum” yang berarti melalui asap. Dengan seiring perkembang parfum dimana semakin banyak pilihan jenis, aroma hingga bentuk kemasannya. Ditandai dengan diperkenalkannya jenis parfum refill atau yang sering kita dengar dengan sebutan parfum isi ulang.Azzwars Parfum merupakan produk parfum yang didirikan putra asli Padang yang bernama Topan dan ketiga saudaranya hingga akhirnya pada tahun 2006.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Quality terhadap Kepuasan pelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang. Untuk mengetahui pengaruh Perceived Quality terhadap Word Of Mouth pada pelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang. Untuk mengetahui pengaruh Kepuasan pelanggan terhadap Word Of Mouth padapelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang. Serta untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan sebagai variable intervening antara Perceived Quality dengan Word Of Mouth padapelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang.
Populasi pada penelitian ini adalah pada seluruh pelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang pada pelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Non Probability sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metodeanalisa data yang digunakan adalah Measurement Model Assesment dan Uji hipotesis menggunakan Structural Model Assesment untuk membuktikan pengaruh variable independen terhadap variable dependen secara parsial atau individu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Perceived Quality berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan Azzwars Parfum Cabang Siteba di Kota Padang. Perceived Quality berpengaruh Positif terhadap Word Of Mouth pada Pelanggan Azzwars Parfum Cabang Siteba di Kota Padang. Kepuasan Pelanggan berpengarun Positif terhadap Word Of Mouth pada pelanggan Azzwars Parfum Cabang Siteba di Kota Padang serta Kepuasan Pelanggan mampu memediasi hubungan antara Perceived Quality terhadap Word Of Mouth pada Pelanggan Azzwars Parfum cabang Siteba di Kota Padang.
Kata Kunci : Perceived Quality, Kepuasan Pelanggan,Word Of Mouth
Downloads
Published
2020-02-22