PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (studi kasus pada rumah makan Mama Cabang Ampang Kota Padang)
Abstract
Rumah makan adalah ebuah usaha harus mempunyai strategi-strategi dalam menjualkan makanannya, agar pelanggan dapat dipertahankan keberadaannya atau lebih ditingkatkan lagi jumlahnya elanggan yang merasa puas merupakan aset yang sangat berharga karena apabila konsumen puas akan memberikan keuntungan bagi usaha dan dapat merekomendasikan kepada pihak lain, akan tetapi jika konsumen merasa tidak puas, mereka akan memberitahu kepada orang lain tentang pengalaman buruknya.Teori penelitian ini adalah Kualitas pelayanan sangat tergantung dari kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan, hal ini memberikan gambaran bahwa kualitas pelayanan meliputi karyawan yang memberikan pelayanan kepada pelanggan.Apabila harga yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan tidak sesuai dengan manfaat produk, maka hal itu dapat menurunkan tingkat kepuasan dan sebaliknya.Lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendirikan sebuah usaha. Karena lokasi yang dipilih harus mampu mengalami pertumbuhan ekonomi sehingga usahanya dapat bertahan,karena dengan dekatnya lokasi usaha dengan pusat keramaian, mudah dijangkau, aman, dan tersedianya tempat parker luas. Kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Semakin terpenuhi harapan-harapan dari pelanggan tentu
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Mama di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak minimal 85 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Mama cabang ampang di Kota Padang dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan dirumah makan Mama cabang di Kota Padang.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga menjadi pertimbangan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dirumah makan Mama. Sedangkan Lokasi tidak menjadi faktor yang paling penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dirumah makan Mama Cabang Kota Padang.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi.
Downloads
Published
2020-02-22