PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA KARTIKA 1-5 PADANG
Abstract
Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan formal di Indonesia setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, setiap penyelenggara pendidikan baik internal maupun eksternal wajib menjamin mutu yang salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan terhadap kepuasan siswa SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen yaitu bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, jaminan dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan siswa. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, dalam data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 120 orang siswa SMA KARTIKA I-5 PADANGkelas XI dan XII sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linearberganda. Pada uji hipotesis daya tanggap dan jaminan berpengaruh negatif terhadap kepuasan siswa dan bukti fisik, empati serta keandalan berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa.
Kata Kunci : Bukti Fisi
Downloads
Published
2020-02-22