PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE DI KOTA PADANG

Authors

  • Ade Kurnia Utami
  • Irda Irda
  • Dahliana Kamener

Abstract

Penelitian ini menguji tentang pengaruh gaya hidup, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Smartphone Apple di Kota Padang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi yang baik dimana tingkat perekonomian yang stabil sebesar 5,07% meskipun terjadinya krisis ekonomi secara global (BPS, 2018).
Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana konsumen benar-benar membeli (Kotler, 2018). Gaya hidup merupakan bagaimana seseorang tersebut hidup dan membelanjakan uangnya serta bagaimana mereka mengalokasikan waktu yang dimiliki (Hurriyati, 2018). Citra merek merupakan kumpulan asosiasi yang unik di benak pelanggan tentang merek apa yang sedang ingin dicari (Neupane, 2015). Harga merupakan beban atau nilai bagi konsumen, yang didapatkan dengan memperoleh dan menggunakan suatu produk, termasuk biaya keuangan dari konsumsi, di samping biaya sosial yang bukan keuangan, seperti dalam bentuk waktu, upaya, psikis, risiko dan prestise atau gengsi sosial (Assauri, 2012).
Objek penelitian pada penelitian ini dilakukan di Kota Padang dengan menggunakan masyarakat Kota Padang sebagai pengguna Smartphone Apple. Penelitian ini menggunakan sebanyak 100 sampel dengan teknik sampel insidental. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya hidup, citra merek, dan harga sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan metode regresi linear berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang membuktikan bahwa (1) Variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa perusahaan harus memperhatikan gaya hidup calon konsumen baru atau konsumen lama. Dengan cara tersebut konsumen dapat mempertimbangkan citra merek yang terbentuk pada perusahaan. Perusahaan juga harus menetapkan harga dengan berpatokan pada kualitas produk karena harga mencerminkan kualitas yang tinggi.
Sarannya perusahaan harus memperhatikan gaya hidup konsumennya, citra merek yang melekat pada perusahaan tersebut, dan harga produk yang ditawarkan karena sangat berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci:
Gaya Hidup, Citra Merek, Harga, dan Keputusan Pembelian

Published

2020-02-24