ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN RETRIBUSI DAERAH KOTA PADANG

Authors

  • Rikki Delvi Andi
  • Syafrizal Chan
  • kasman karimi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti mengenai potensi daerah Kota Padang dalam hal yang mempengaruhi penerimaan retribusi daerah Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan methode deskriftif, Penelitian deskriftif adalah suatu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejernih mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang di telitinya (kountur,2003), Pemilihan tipe ini di dasarkan pada pertimbangan, bahwa dalam pembahasan skripsi ini tujuan yang ingin di capai adalah untuk memberikan suatu gambaran mengenai keadaan dilapangan terkait proses, kendala serta upaya dalam penerimaan Retribusi Daerah Kota Padang.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan data ari tahun (2002) sampai dengan tahun (2016). Baik jumlah penduduk,jumlah kendaraan bermotor, dan luas lahan parkir yang di dapat dari dinas setempat. Dan peneliti menggunakan dua kategori variable yang terdiri dari variable dependen yaitu penerimaan retribusi, sedangkan variable kedua yang terdiri dari jumlah penduduk, jumlah kendaraan bermotor, dan luas lahan parkir, untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan model regresi Ordinary Least Square yang di olah menggunakan eviews.
Berdasarkan hasil pengolahan data, dari hasil pengujian hipotesis di atas maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis yang di munculkan dalam penelitian ini terbukti secara simultan : variable jumlah penduduk dan variable jumlah kendaraan bermotor berpengaruh signifikan terhadap penerimaan retribusi di Kota Padang, tapi variable jumlah luas lahan parkir tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan Retribusi Daerah Kota Padang pada tahun berjalan.
Kata Kunci : Analis faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Retribusi Daerah Kota Padang

Published

2020-02-24