ANALISIS PENGEMBANGAN WISATA PANTAI BATUKALANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Aprinando Imran
  • Nurul Huda
  • firdaus Sy

Abstract

Propinsi Sumatera Barat merupakan salah satu propinsi yang banyak memiliki objek wisata yang beraneka ragam, mulai dari wisata danau, pegunungan serta wisata bahari. Salah satu wisata bahari yang ada di Sumatera Barat ada di daerah Pesisir Selatan. Banyak sekali wisata bahari yang ada di Pesisir Selatan salah satunya yang saat ini sedang mengalami kemajuan adalah Pantai Batukalang yang terletak di Kenagarian Ampang Pulai Kec Koto XI Tarusan.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dampak pengembangan sektor pariwisata pantai Batukalang dalam hal peningkatan perekonomian. Dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta dampak dari pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata bagi masyarakat sekitar pantai Batukalang. Data yang digunakan adalah data primer yaitu pembagian koesinior kepada masyarakat terkait dilokasi pantai Batukalang Kab. Pesisir Selatan. Metode yang digunakan adalah metode analisis SWOT.
Hasil penelitian diolah melalui metode analisis SWOT yang merupakan suatu metode analisis yang menentukan kekuatan, peluang, ancaman, dan kelemahan dalam pengembangan sektor pariwisata pantai Batukalang sebagai destinasi wisata.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap pengembangan sektor pariwisata daerah pantai Batukalangdengan menggunakan metode SWOT sehingga pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dalam aspek positif kekuatan dan ancaman serta kelemahan dan peluang terhadap pengembangan sektor pariwisata pantai Batukalangselanjutnya. Potensi utama dalam strategi pengembangan sektor pariwisata pantai Batukalangterletak pada pemandangan sektor pariwisata daerah Kecamatan Koto XI Tarusan yang berhawa sejuk dan masih asri sehingga memiliki fisik alam yang alami, hal ini menggambarkan bahwa sektor pariwisata pantai Batukalangmemiliki potensi alam yang indah dan sejuk sehingga apabila ini dimanfaatkan secara perencanaan dan tata ruang yang baik maka dapat mendatangkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan bagi masyarakat sekitar Kecamatan Koto XI Tarusan khusus nya masyarakat nagari Ampang Pulai.
Kata kunci : Potensi (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang
(Opportunity), dan Ancaman (Threaths).

Published

2020-02-24