PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BELI DI J.CO DONUTS & COFFEE BASKO GRAND MALL PADANG

Authors

  • Sarah Ivana Berylian
  • Surya Dharma
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Dalam mengembangkan usaha restoran, banyaknya merek-merek usaha yang ada, membuat sebagian konsumen tidak dapat membedakan atau kurang mengetahui merek-merek dalam negeri. Dari survei awal tentang tingkat pengetahuan konsumen pada merek-merek dalam negeri, diketahui bahwa J.CO Donuts & Coffee berada di persentase yang sangat rendah dari merek merek dalam negeri yang lainnya, yaitu hanya sebesar 30% konsumen yang mengetahui bahwa J.CO Donuts & Coffee adalah merek dalam negeri, sedangkan 60% menyatakan merek luar negeri dan 10% menyatakan tidak tau.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh brand image dan product knowledge terhadap minat beli di J.Co Donuts
& Coffee Basko Grand Mall Padang. Minat beli adalah keinginan untuk memiliki produk, minat beli akan timbul apabila seseorang konsumen sudah terpengaruh terhadap mutu dan kualitas dari suatu produk, informasi seputar produk (Durianto, 2013:58). Brand image adalah presepsi dan keyakinan yang dipegang oleh konsumen, seperti yang dicerminkan asosiasi yang tertanam dalam ingatan pelanggan, yang selalu diingat pertama kali saat mendengar slogan dan tertanam dibenak konsumenya (Kotler & Keller 2009:403). Product knowledge merupakan seluruh cakupan informasi yang akurat yang disimpan didalam memori konsumen, yang nantinya informasi-informasi tersebut dapat
membantu untuk sebagai bahan petimbangan dalam menentukan tindakan selanjutnya (Sumarwan, 2004:120).

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang yang belum pernah melakukan pembelian di J.CO Donuts & Coffee Basko Grand Mall Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan SPSS Versi 16.0.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) brand image berpengaruh terhadap Minat Beli di J.CO Donuts & Coffee Basko Grand Mall Padang; (2) product knowledge berpengaruh terhadap Minat Beli di J.CO Donuts & Coffee Basko Grand Mall Padang. Disarankan kepada pihak J.CO Donuts & Coffee Basko Grand Mall Padang untuk terus mempertimbangkan peningkatkan brand image dan product knowledge, karena variabel tersebut mempunyai peranan penting dalam menentukan minat beli.

Kata Kunci : Brand Image, Product Knowledge, Minat Beli

Published

2020-02-24