PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE VIVO DI KOTA PADANG

Authors

  • Roni Try Ramadani
  • Ice Kamela
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Persaingan dalam dunia usaha selalu sengit dan menarik dengan berbagai strategi dan program pemasarannya, deangan harapan tidak saja menarik minat konsumen namun memuaskannya. Masyarakat lebih tertarik dan lebih banyak menggunakan handphone dari pada alat komunikasi lainnya, karena mudah dibawa dan dapat digunakan kapanpun ketika pengguna membutuhkannya.
Kepuasaan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka. Harga merupakan jumlah dari sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen atas manfaat-manfaat memilih atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Kepercayaan merupakan keyakinan satu pihak pada reliabilitas, durabilitas, dan integritas pihak lain dalam relationship dan keyakinan bahwa tindakannya merupakan kepentingan yang paling baik dan akan menghasilkan positif bagi pihak yang dipercaya. Promosi kegiatan
penjualan dan pemasaran dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa, dan ide dari perusahaan dengan cara memengaruhi konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Penelitian ini menguji tentang pengaruh pengaruh harga, kepercayaan dan promosi terhadap kepuasan konsumen produk smartphone vivo di kota padang. Penelitian ini menggunakan sebanyak 80 sampel dengan teknik non probability sampling dengan puposive sampling. Variable independen dalam penelitian ini adalah harga, kepercayaan dan promosi sedangkan variable dependen kepuasan konsumen. Model pengukuran atau outer model dapat dievaluasi uji validitas konstruk dan reliabilitas konstruk.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan Smartphone Vivo di kota padang. Variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan Smartphone Vivo di kota padang. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan Smartphone Vivo di kota padang.

Hasil penelitian tersebut sebaiknya pihak pengelola Smartphone Vivo untuk
meningkatkan promosi agar terus menarik konsumen agar selalu menggunakan
Smarphone Vivo.

Kata Kunci : Harga, Kepercayaan, Promosi, dan kepuasan konsumen

Published

2020-02-24