PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • . Rinaldo
  • . Herawati
  • Novia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh partisipasi anggaran dan kepuasan kerja terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Persaingan bisnis dalam era globalilasi semakin ketat, manajemen dituntut bekerja secara efektif dan efisien. Anggaran merupakan alat dalam manajemen yang berfungsi pada kegiatan operasional.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori penetapan tujuan. Teori ini menyatakan bahwa harus ada sasaran yang ditentukan agar individu mampu meningkatkan kinerjanya sesuai dengan visi dan misi organisasi itu sendiri (Locke, 1978).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh manajer dan kepala bagian yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran di rumah sakit swasta di wiliayah kota padang, dengan menggunakan metode kuisioner. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 40. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) kepuasan kerja berpengaruh siginifikan terhadap kinerja manajerial, (3) komitmen organisasi dengan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial berpengaruh signifikan, (4) komitmen organisasi dengan kepuasan kerja terhadap kinerja manajerial berpengaruh signifikan.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, komitmen organisasi dengan partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, komitmen organisasi dengan kepuasan kerja berengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.
Kata kunci : Kinerja Manajerial, Partisipasi Anggaran, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi

Published

2020-02-24