PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Rafiqa Hamim
  • . Zaitul
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan ketidakpastian lingkungan, komitmen organisasi dan desentralisasi sebagai variabel moderating. Dalam praktiknya, banyak ditemukan anggaran tidak berfungsi sebagaimana mestinya, baik sebagai alat bantu manajemen di dalam melakukan pengendalian maupun sebagai pedoman bagi manajer untuk membuat keputusan. Pada saat ini menunjukkan bahwa pemberian otonomi daerah dan desentralisasi fiskal yang terlalu cepat tanpa pengawasan yang cukup justru meningkatkan korupsi di daerah. Buruknya kinerja keuangan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kota Padang yaitu tidak maksimalnya pembangunan daerah.
Kinerja manajerial merupakan salah satu faktor yang dapat dipakai untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Partisipasi penyusunan anggaran merupakan ciri dari penyusunan anggaran yang menekankan kepada partisipasi aparat pemerintah daerah untuk mempertanggungjawabkan proses penyusunan anggaran. Sukses atau tidaknya para staf dalam suatu SKPD dalam melaksanakan anggaran merupakan suatu refleksi langsung tentang keberhasilan ataupun kegagalan manajerial SKPD dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Subbagian, Kepala Bidang, dan Kepala Seksi di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Pemerintahan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan 35 sampel SKPD di Kota Padang periode Januari 2015 sampai pertengahan Februari 2015. Sampel diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis MRA (Moderated Regression Analysis) dengan program SPSS version 16.0 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Ketidakpastian lingkungan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Desentralisasi sebagai variabel moderating berpengaruh signifikan dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial.
Kata kunci : Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial, Ketidakpastian Lingkungan, Komitmen Organisasi, Desentralisasi

Published

2020-02-24