PENGARUH KOMPENSASI BONUS, LEVERAGE DAN BIAYA POLITIK TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • Frana Efial Tifanny
  • . Yunilma
  • Novia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kompensasi bonus, leverage dan biaya politik terhadap manajemen laba. Fenomena manajemen laba pada perusahaan Toshiba Corporation di Jepang. CEO (Chief Executive Office) Toshiba dan sejumlah staf senior mengundurkan diri terkait terungkapnya skandal keuangan dari laporan independen bahwa perusahaan telah menciptakan pendapatan tambahan US$ 1,2 miliar atau mencapai tiga kali lipat estimasi keuntungan yang diprediksi Toshiba. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya manajemen perusahaan menetapkan target laba yang tidak realistis saat target tersebut tidak tercapai, sehingga manajemen berusaha untuk menunda pembukuan atas kerugian yang dialami dan karyawan tidak mampu untuk melawan perintah manajemen. Pada akhir tahun 2015, Toshiba telah merugi sebesar US$ 8 miliar. Pada awal tahun 2017, Toshiba telah berupaya keras untuk memulihkan kondisi perusahaannya, namun masih dalam proses bangkit dari dampak buruk skandal di tahun 2015.
Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah agency theory. Teori keagenan merupakan gambaran hubungan antara pihak yang memiliki wewenang yakni investor yang juga biasa disebut dengan principal dengan para manajer yang merupakan agent yang diberikan wewenang. Potensi masalah yang akan muncul adalah ketidakseimbangan informasi (asymmetry information) antara pihak internal dan pihak eksternal, dengan begitu pihak internal dapat memanipulasi atau menyembunyikan informasi-informasi yang tidak diketahui oleh pihak eksternal.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Jumlah sampel 62 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan di analisa dengan analisis regresi berganda.
Penelitian ini menguji tiga hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompensasi bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan biaya politik berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Manajemen Laba, Kompensasi Bonus, Leverage, Biaya Politik.

Published

2020-02-24