PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL,SOSIALISASI ANTISIPATIF,DAN INTENSITAS MORAL TERHADAP WHISTLEBLOWING

Authors

  • Ricarla Rizki Aribi
  • . Meihendri
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh komitmen profesional,sosialisasi antisipatif dan intensitas moral terhadap whistleblowing. Seorang pejabat BPAD di Pekanbaru terbukti bersalah dalam hal tindakan korupsi pengadaan buku di perpustakaan wilayah (puswil) pada tahun 2012 lalu dan kerugian negara mencapai Rp 6 miliar (potretnews.com,2015).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori tindakan beralasan ( theory of reasoned action ) dan teori perilaku terencana (theory of planned behaviour). Teori tindakan beralasan menjelaskan tentang mempredikisi dan memahami perilaku individu manusia. Dalam teori tindakan beralasan dijelaskan bahwa perilaku dilakukan karena individu mempunyai niat atau keinginan untuk melakukannya. Dalam penelitian ini,niat dan keinginan akuntan melakukan whistleblowing karena adanya komitmen profesi dalam diri akuntan yang digambarkan sebagai sikap terhadap perilaku,sementara variabel sosialisasi antisipatif dalam penelitian sebagai norma subjektif. Sedangkan teori perilaku terencana adalah perluasaan dari teori tindakan beralasan yang menambahkan konstruk persepsi kontrol perilaku,mengenai konsep persepsi kontrol perilaku pada penelitian ini berhubungan dengan intensitas moral. Persepsi kontrol perilaku merupakan keyakinan seseorang bahwa persepsi yang dimilikinya merupakan hasil dari kontrol dirinya sendiri mengenai persepsi perilaku tersebut.
Populasi dari penelitian ini adalah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pekanbaru,dengan menggunakan metode survei kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden yang mengisi kuisioner dengan lengkap sebanyak 100. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) komitmen profesional berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing, (2) sosialisasi antisipatif berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing, (3) intensitas moral tidak berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen profesional berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing,sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing, dan intensitas moral tidak berpengaruh signifikan terhadap whistleblowing.
Kata kunci: Komitmen Profesional, Sosialisasi Antisipatif, dan Intensitas moral
Terhadap Whistleblowing

Published

2020-02-24