PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJEMEN, LATAR PENDIDIKAN KOMITE AUDIT DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016 – 2018)

Authors

  • Franky Gabriel Ludji
  • . Zaitul
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan Pengaruh kepemilikan institusional terhadap manajemen laba, kepemilikan manajemen terhadap manajemen laba, latar pendidikan komite audit terhadap manajemen laba, aktivitas komite audit terhadap manajemen laba
Manajemen laba diartikan sebagai setiap tindakan yang dilakukan oleh manajemen yang mempengaruhi pelaporan laba dan yang menyajikan keuntungan ekonomi secara tidak benar dan mungkin kenyataannya dijangka panjang akan merugikan dapat dikatakan sebagai earnings management. Dari sudut pandang teori akuntansi, manajemen laba sangat ditentukan oleh motivasi manajer perusahaan. Motivasi yang berbeda akan menghasilkan besaran manajemen laba yang berbeda, seperti antara manajer yang juga sekaligus sebagai pemegang saham dan manajer yang tidak sebagai pemegang saham.
Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori agency mengusulkan bahwa hubungan antara agen dan principal (pemegang saham) harus memiliki kepercayaan yang kuat, dimana agent melaporkan segala informasi perkembangan perusahaan yang dimiliki oleh principal melalui segala bentuk informasi akuntansi karena hanya pihak manajemen yang mengetahui dengan pasti keadaan perusahaan.
Sumber data yang di gunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 – 2018, Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling yaitu mempunyai data laporan keuangan lengkap, perusahaan melaporkan adanya laba.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kepemilikan institusional dan kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap manajemen laba, latar belakang pendidikan komite audit dan aktivitas komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada BUMN yang terdaftar di BEI periode 2016-2018.
Kata Kunci : Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajemen, Latar Pendidikan Komite Audit, Aktivitas Komite Audit, Manajemen Laba

Published

2020-02-24