PENGARUH PROFITABILITAS, RISIKO KEUANGAN, NILAI PERUSAHAAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2018)

Authors

  • Shyntia Dewi Armys
  • . Herawati
  • . Yunilma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh profitabilitas terhadap perataan laba, resiko keuangan terhadap perataan laba, nilai perusahaan terhadap perataan laba, struktur kepemilikan manajerial terhadap perataan laba, struktur kepemilikan publik terhadap perataan laba.
Perataan laba adalah menahan atau mempercepat pengakuan terhadap beberapa jenis pendapatan dan beban, serta meratakan angka laba yang dilaporkan dari satu periode ke periode berikutnya. Tindakan perataan laba merupakan tindakan yang sengaja dilakukan oleh manajemen untuk mengurangi perbedaan atau perubahan laba dengan cara atau metode akuntansi tertentu. Manajer melakukan perataan laba untuk mengurangi fluktuasi pada pelaporan laba dan membuat perusahaan terlihat memiliki angka laba yang tidak terlalu berfluktuasi, sehingga mempermudah perusahaan dalam mendapatkan pinjaman dengan persyaratan yang menguntungkan serta meningkatkan kemampuan investor untuk memprediksi arus kas yang akan datang.
Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori agensi, yang mengusulkan bahwa adanya hubungan antara agent dan principal (pemegang saham) harus memiliki kepercayaan yang kuat, dimanaagent melaporkan segala informasi perkembangan perusahaan yang dimiliki oleh principal melalui segala bentuk informasi akuntansi karena hanya pihak manajemen yang mengetahui dengan pasti keadaan perusahaan.
Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposivesampling dengan kriteriaperusahaan perbankan yang terdaftar di IDX, menerbitkan laporan keuangan lengkap, dan laporan keuangannya tidak mengalami rugi dari tahun 2016-2018.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: nilai perusahaan dan struktur kepemilikan manajerial berpengaruh signifikanterhadap perataan laba,sedangkan profitabilitas, risiko keuangan dan struktur kepemilikan publik tidak berpengaruhsignifikan terhadap perataan laba.
Kata Kunci : Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Kepemilikan Publik, Perataan Laba.

Published

2020-02-24