PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Fahri Ilham
  • Resti Yulistia Muslim
  • Daniati Puttri

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan jangka panjang yaitu untuk memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Memaksimalkan kemakmuran pemegang saham dapat ditempuh dengan memaksimalkan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Kinerja perusahaan yang tinggi akan membuat investor percaya tidak hanya pada masa sekarang, tetapi juga pada prospek perusahaan dalam jangka panjang.
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh intellectual capitan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan diukur dengan Return On Assets (ROA). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan non manufaktur non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018.sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling dan akhirnya diperoleh 31 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari website Indonesia Stock Exchange www.idx.co.id.
Hasil regresi menunjukkan bahwa : (1) Intellectual capital tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan, manajer dapat mengambil keputusan-keputusan strategi terkait ukuran perusahaan atau total aset agar dapat memaksimalkan keuntungan perushaaan. Selain itu manajer harus mengetahui tingkat intellectual capital yang tepat serta mengelolanya dengan sebaik mungkin agar tujuan perusahaan untuk memaksimalkan kekayaan pemegang saham dapat tercapai.
Kata Kunci : Intellectual capital, ukuran perusahaan, kinerja perusahaan

Published

2020-02-24