PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, KUALITAS AUDIT DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Gemia Orenda
  • . Herawati
  • Mukhlizul Hamdi

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh komisaris independen, komite audit, kualitas audit dan financial distress terhadap integritas laporan keuangan. Laporan keuangan yang tidak memiliki integritas artinya penyajian pada laporan keuangannya tidak disajikan dengan jujur dan akan berdampak pada pengambilan keputusan bagi pengguna laporan keuangan.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan. Teori keagenan merupakan hubungan antara agent dan principal untuk kepentingan principal dan memberi wewenang kepada agent untuk membuat keputusan yang terbaik bagi principal, dimana pemegang saham sebagai principal dan agent sebagai manajemen atau pihak yang mengelola perusahaan (Jensen dan Meckling,1976).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan sebanyak 41 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 peusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa (1) komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (2) komite audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (3) kualitas audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (4) financial distress tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, komite audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, kualitas audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, financial distress tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.
Kata kunci: Integritas Laporan Keuangan, Komisaris Independen, Komite Audit,
Kualitas Audit, Financial Distress

Published

2020-02-24