PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP INOVASI TEKNIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Angga Prakosa
  • Fivi Anggraini
  • . Ethika

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh Intellectual Capital beserta dimensinya yaitu Human Capital, Structural Capital dan Relational Capital terhadap Inovasi Teknis pada perusahaan perbankan di Sumatera Barat tahun 2020. Intellectual Capital merupakan aset tak berwujud bagi suatu perusahaan atau organisasi yang mana akan memberikan nilai bagi organisasi tersebut. Sedangkan Inovasi Teknis sendiri adalah inovasi pada proses perusahaan dalam menghasilkan produk atau layanan.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori RBT atau Resource Based Theory, yaitu suatu pemikiran yang berkembang dalam teori manajemen strategic dan keunggulan kompetitif perusahaan yang meyakini bahwa perusahaan akan mencapai keunggulan kompetitif apabila memiliki sumber daya yang unggul. Perusahaan akan unggul dalam persaingan usaha dan mendapatkan kinerja keuangan yang baik dengan cara memiliki, menguasai dan memanfaatkan aset-aset strategis yang penting (aset berwujud dan aset tidak berwujud). Aset tidak berwujud dapat berupa Intellectual Capital yaitu inovasi, sistem informasi, budaya organisasi, sumber daya manusia. Hal tersebut sesuai dengan teori sumber daya ( Risanti, 2014).
Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan konvensional di Sumatera Barat. Sampel pada penelitian ini adalah manajer dan termasuk karyawan yang bekerja di sektor aktivitas perusahaan perbankan di Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yang jumlah responden sebanyak 100, namun hanya 63 data responden yang mengisi kuesioner dengan lengkap. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) menggunakan software smartPLS 3.0.
Dalam penelitian ini mengajukan 4 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Intellectual Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis, (2) Human Capital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Inovasi Teknis, (3) Structural Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis, dan (4) Relational Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa Intellectual Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis, Human Capital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Inovasi Teknis, Structural Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis, dan Relational Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Teknis pada perusahaan perbankan di Sumatera Barat.
Kata Kunci : Intellectual Capital, Human Capital, Relational Capital, Structural Capital, Inovasi Teknis.

Published

2020-02-24