PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA ORGANISASI (STUDI EMPIRIS PADA UMKM DI SUMATERA BARAT)

Authors

  • Wenny Septivani Asnanda
  • Fivi Anggraini
  • Mukhlizul Hamdi

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh intellectual capital terhadap kinerjaorganisasi.fenomena penelitien ini adanya penurunan perkembangan UMKM yang sangat dratis sedangkan tahun sebelumnya mengalami kenaikan yang sangat signifikan.
Beda penelitian ini belum ada yang meneliti secara langsung hubungan antara Intellectual capital dengan kinerja organisasi pada UMKM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja organisasi pada UMKM di Sumatera barat
Populasi UMKM di Sumatera Barat. jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM tekstil di Sumatera Barat berjumlah 140 sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Metode penelitian menggunakan analisis structural equstion model dengan partial least square.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa human capital dan customer capital tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Structural capital, social capital, technology capital, dan spiritual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi.
Kata Kunci: Human Capital, Custumer Capital, Structural Capital, Social Capital, Technology Capital, Spiritual Capital Dan Kinerja Organisasi

Published

2020-02-24