PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DISCLOSURE, INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Tressya Mardova
  • . Herawati
  • Arie Frinola Minovia

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh enterprise risk management disclosure, intellectual capital disclosure, dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan. Fenomena kasus fraud yang di lakukan oleh karyawan .Kasus fraud yang terjadi pada Pt.Kimia Farma, Tbk tahun 2014 “resiko internal perusahaan yang dapat terjadi akibat lemahnya manajemen risiko perusahaan" (enterprise risk management).
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agensi dan signalling. Dimana teori keagenan adalah suatu teori yang menjelaskan hubungan kerjasama antara pemilik perusahaan dengan manjemen perusahaan. Teori signaling adalah menekankan informasi penting bagi perusahaan terhadap keputusan investasi pihak di luar perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Metode dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling yang di peroleh sebanyak 45 sampel. Dimana data ini berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan mengunduh annual report pada website BEI. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian.
Dalam peneltian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa (1) enterprise risk management disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) intellectual capital disclosure berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) struktur kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) struktur kepemilikan instutisional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa enterprise risk management disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, intellectual capital disclosure berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur kepemilikan instutisional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure, Intellectual Capital disclosure, StrukturKepemilikan Manajerial, Sruktur Kepemilikan Instutisional, Nilai Perusahaan.

Published

2020-02-24