PENGARUH FINANCIAL DISTRESS TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN INTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017) Oleh

Authors

  • Aza Haniva
  • Resti Yulistia Muslim
  • Novia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh financial distress terhadap manajemen laba dengan kepemilikan intitusional dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi. Faktor lain yang mempengaruhi manajemen laba (earning management) adalah financial distress (kendala pendanaan). Financial distress tergambar dari ketidakmampuan atau tidak tersedianya dana untuk membayar kewajiban yang telah jatuh tempo (Saraswati dkk, 2016). Perusahaan yang sedang mengalami kendala dalam pendanaan (financial distress) cenderung melakukan praktik manajemen laba, hal ini dilakukan sebagai usaha untuk menarik perhatian calon investor.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan. Teori keagenan membahas hubungan antara manajemen dengan pemegang saham, di mana yang dimaksud dengan principal adalah pemegang saham dan agent adalah manajemen (Belkaoui, 2006:127).
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2017. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang telah diterbitkan oleh pihak lain, dalam hal ini www.idx.id. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah perusahaan 154, namun hanya 82 perusahaan yang memenuhi kriteria. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan dua hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) financial distress berpengaruh terhadap manajemen laba, (2a) kepemilikan institusional berpengaruh terhadap hubungan antara financial distress dan manajemen laba, (2b) kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap hubungan antara financial distress dan manajemen laba.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap hubungan antara financial distress dan manajemen laba, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap hubungan antara financial distress dan manajemen laba.
Kata kunci: Manajemen Laba, Financial Distress, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial

Published

2020-02-24