PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KJKS DI KOTA PADANG

Authors

  • Rizky Irnando
  • . Herawati
  • Daniati Puttri

Abstract

Kinerja karyawan merupakan salah satu factor penting dalam meningkatkan produktivitas pada suatu perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menjalankan upaya instansi agar kinerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan sesuai dengan perannya pada perusahaan dalam suatu periode tertentu. Oleh sebab itu kinerja karyawan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu perusahaan dengan hasil yang dicapainya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang pengaruh efektivitas system informasi akuntansi, motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori technology acceptance model. Teori technology acceptance model merupakan landasan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku pemakai dalam penerimaan dan penggunaan system informasi (Davis, 1989).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Kota Padang. Penentuan sampel digunakan denga nmenggunakan metode purposive sampling karna sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria yang digunakan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 80 karyawan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan 4 hipootesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa efektivitas sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut: penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas system informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sedangkan motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci : Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Published

2020-02-24